Pengaruh Model Pembelajaran Role Play pada Mata Pelajaran IPS Materi Aku dan Cita-Citaku terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Toboali

  • Indah Meilia Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • M Iqbal Arrosyad Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Eka Wahyuningsih Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
Keywords: Role play model, learning outcomes, social science

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya tingkat keberhasilan dalam pembelajaran IPS. Penyebab kurangnya tingkat keberhasilan dalam materi aku dan cita-citaku dikarenakan penerapan variasi model pembelajaranyang kurang dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Role Play pada mata pelajaran IPS materi aku dan cita-citaku terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Toboali. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experimental Design, dengan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SD Muhammadiyah Toboali yang sampelnya dua Kelas. KelassIVAssebagai kelasskontrollberjumlah 25ssiswa dannKelas IVB sebagaiikelompokkeksperimen berjumlahh25ssiswa. Adapun instrumen pengumpulan data berupa butir soal uraian yang terdiri dari 10 soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji t-test sampel related (polled varians). Hasil penelitian menunjukkan hasillposttesttlebihhbesarrdariihasillpretest, yaitu kelas eksperimen dengan nilai 84,80 dan kelas kontrol 66,00. Berdasarkannhasilluji hipotesis diperolehhthitung>ttabel yaitu 15,94 > 2,060 artinya Hadditerima. Dengan demikianndapat disimpulkannbahwa terdapattpengaruh modellpembelajarannRole Play pada mata pelajaran IPS materi akuudanncita-citaku terhadapphasil belajarrsiswaakelas IV SD Muhammadiyah Toboali.

References

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arrosyad, M. I., & Nugroho, F. (2022).PengembangannDigital Tranformasi Role Playing Games (RPG) Base Learning pada Pendidikan Kemuhammadiyah SekolahhDasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3462–3472. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2626

Arrosyad, M. I., & Nugroho, F. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Membaca dan Numerasi di Tengah Evolusi Konsep Literasi. Jurnal Basicedu, 5(6), 6378–6384. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1758

Arrosyad, M. I., & Syanjaya, D. (2023). Analisis Pemahaman Konseptual Mahasiswa pada Materi Perencanaan Pembelajaran Terpadu. IJM : Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(1), 126–135.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kompri.(2017). BelajarrFaktor-faktor yanggMempengaruhi.Yogyakartaa(MediaaAkademi).

Maghfiroh, M. (2020). PenerapannModel RoleePlaying untukkMeningkatkan HasillBelajar IPS pada SiswaaKelas IV MIS Al-Hikmah Namorambe. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10670

Muhammad Iqbal Arrosyad, Indah Meilia, Mellisa Ananda, Wiwik, R. R. (2020). Nilai-nilai Budaya Sekolah dalam Pembinaan Aktivitas Keagamaan Siswa. Jurnal Tarbawi, 17(1), 129–139.

Nugroho, F., & Arrosyad, M. I. (2020). Learning multimedia development using articulate storyline for students. International Journal of Elementary Education, 4(4), 575–579.

Nasution Br Qorinah Rizani. (2021).PenerapannModel PembelajarannRole Playing dalammMeningkatkan HasillBelajar di Kelas IV SD Negeri 115510 BatuuTunggal KabupatennLabuhan BatuuUtara. http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6842

Nurmawati.(2015). EvaluasiiPendidikannIslam. Bandung: CitapustakaMedia.

Rahmiwati Dita. (2017).Pengaruh PenerapannMetode PembelajarannRole Playinggterhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Jember Kidul 04 Jember.Khopipah, R, Tahir, M, Hasanah, N. 2022. MetodeeRole PlayinggBerbantuan Media Audiovisuallterhadap HasillBelajar MuatannIPS SiswaaKelas V SDN1pPancor Tahunn2021/2022. JurnallIlmiah Mandala Education (JIME), 8 (1). http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81311

Shoimin, Aris. (2014).68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2024-01-03