ANALISIS KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PADA SISWA KELAS III SEOLAH DASAR

  • Gea Alviodita Gea Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Romadon
  • Sasih Karnita Arafatun

Abstract

This research is motivated by students' reading comprehension skills. The research objective was to determine the reading comprehension ability of third grade students in the Fishermen 1 Sungailiat environment.

This study uses a descriptive qualitative method which is carried out by seeking information related to the problem, explaining the objectives to be achieved, planning the form of the approach, and collecting data or results as a research report.

Based on the results of this study in the Sungailiat 1 fishermen's environment with a sample of 5 people, 3 people were very good at reading comprehension, while 2 people were included in the adequate category in reading comprehension. is enough. Solutions that can be applied if students' understanding of reading wants to increase, students can be given more practice questions whose answers use student reasoning, because this will affect students' ability to read

References

Abidin, Y. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama

Ahmad. (2014). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Picture. Jurnal Pendidikan. Vol. 1, No. 2,hlm. 34–41.

Alpian, Viny, S, Yatri, I. 2022. Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 4, No. 4.

Ade, Asih Susiari, Tantri &Putu Mas, Dewantara.2017. Keefektifan Budaya Literasi di SDN 3 Banjar Jawa Untuk Meningkatkan Minat Baca.Vol. 1, No. 4.

Hikmah laiklatul, Imam Muslih. 2023. Hubungan Intensitas Membaca Dengan Kemampuan Memahami Bacaan Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 2, no. 1.

Ilham Nur Triatma. 2016. Minat Baca Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Seleman Yogyakarta. Vol. 4, No. 6.

Kartika Hendra. 2014. Tinjauan Literatur: Persepsi Tentang Jenis Data Skala Data, dan Hubungannya Dengan Teknik Pemberian Skor Tes. JMP, Vol. 6, No. 2.

Letasado, Muhamad R. Muhsam, J. 2020. Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C terhadap Percaya Diri dan Kemampuan Membaca Pemahaman. Journal of Primary Education. Vol.2, No.2, hlm. 76-84.

Muliawanti, Siti Fani A, Arsyi R, Nurasiah I, Hayati E, Taslim. 2022. Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 8, No. 3.

Ni Kt Januarti, I Kt Dibia & I Wyn Widiana.2016. Analisis Kesulitan Belajar Dalam Pembelajaran Membaca Cepat Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Abang. Vol. 4, No. 1.

Niliawati, L., Hermawan, R., & Riyadi, R, A. 2018. Penerapan metode CIRC (cooperative integrated reading and composition) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vo. 3, No. 1.

Suharmono Kasiun. 2015.Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa.Vol.1, No. 1, hlm. 81&83.

Saddhono, K., Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Bahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________¬¬______. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Salsabila A, Sri, Wulan N, Sholihah, Rosmana P. 2021. Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan 1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD Kampus UPI di Purwakarta.

Tarigan, H. G. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung

Tusfiana, IntanA, Dewi Tryanasari. 2020. Kesulitan Membaca Pemahaman Siswa SD. Vol. 2, No. 1.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. 2019. Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa. Vol. 14, No. 3, hlm. 135-140.

Zalzulifa, Nasaruddin. 2020. Analisis Tingkat Pemahaman Membaca Keterampilan Menulis Dan Kemampuan Argumentasi Dengan Bahasa Kedua Berdasarkan Pendekatan Pembelajaran Publipreneur Based Language Learning (PBLL). Prodi DIII Periklanan, Fakultas Parinkraf, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Published
2024-01-03