PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PANCASILA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MUATAN SILA PANCASILA DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH TOBOALI

  • Sheras Novella Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Yuanita
  • Eka Wahyuningsih
Keywords: The use of Pancasila as Media, Increasing Students’ Understanding, The Precept of Pancasila

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keaktifan siswa dan kurangnya pemahaman siswa dalam proses pembelajaran dikarenakan guru masih menggunakan media yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa menggunakan media gambar pancasila terhadap muatan sila pancasila di kelas III SD Muhammadiyah Toboali. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experimental Design, dengan Nonequivalen Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Toboali yang terdiri dari 22 orang siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen dan 22 orang siswa kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknikkpengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster jenuh. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes. Tes dalam penelitian ini berupa soal essay sebanyak 10 soal. Teknik analisis data menggunakan uj inormalitas, uji homogenitas, dan uji n-gain kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut Terdapat peningkatan pemahaman siswa menggunakan media gambar pancasila terhadap muatan sila pancasila di kelas III SD Muhammadiyah Toboali terhadap pelajaran PPKn dapat dilihat dari perhitungan uji t-test diperoleh nilai thitung = 6,746 > ttabel 2,018 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Maka demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat penggunaan media gambar pancasila dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap muatan sila pancasila di kelas III SD Muhammadiyah Toboali.

References

Afriyanti Isma. (2012). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Negeri. Artikel Peneliti.

Anitah, Sri. (2012). Media Pembelajaran. Surakarta: Cakrawala Media.

Asmaroni, Amiro Puji. (2016). ‘Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi’, Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4 (2), Hlm 447-448. http://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1076

Dhieni, Nurbiana. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Erwin, Widiasworo. (2017). Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: In Media.

Haryati Ade Siti. (2018). Penggunaan Media Gambar dan Media Radio pada Pembelajaran Menulis Deskripsi Siswa Kelas X SMA Tunas Harapan Balaraja-Tanggerang. Jurnal Kredo, Vol. 1. No. 2. Hh.18. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2108

Martinis. (2018). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn pada Materi Kedisiplinan di Kelas II SDN 12 Sitiung. Jurnal Inovasi Pendidikan, Vol. 5. No. 1, Maret, hal: 102-116. https://doi.org/10.31869/ip.v5i1.808

Sundayana, Rostina. (2015). Media dan Alat Praga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Angkas.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

_______. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sri Untari.(2012).“Pancasila dalam Kehidupan Berasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara” dalam Margono (Ed). Pendidikan Pancasila Topik Aktual Kenegaraan dan Kebangsaan. Malang: Universitas Negeri Malang(UMPress).

Tri Intan Sari. (2014). Penerapan Metode Diskusi dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III dalam Pembelajaran PKn Tema Lingkungan di SDN Sumber lesung 02 Ledokombo Jember. Jurnal Edukasi UNEJ 2014, I(2): 36-39. https://core.ac.uk/reader/295720640

Yuanita. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Materi Kelistrikan untuk Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 6, No. 2, Desember 2019, 199-210.

https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/9046

Zamroni. (2013). Pendidikan Demokrasi. Yogyakarta: Ombak.

Published
2024-01-05