Pengembangan E-Modul Materi Sifat-Sifat Operasi Hitung Bilangan Cacah Kelas III SD Negeri 1 Sungaiselan

  • Dara Melita Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Maulina Hendrik Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Sisi Pitriyana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
Keywords: E-module, Mathematics.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi sifat-sifat operasi hitung bilangan cacah pada penjumlahan dikarenakan siswa sering menganggap bahwa matematika berisi tentang hafalan-hafalan rumus yang banyak dan kurangnya penggunaan media pembelajaran seperti non-cetak sehingga siswa kurang aktif dan kurang menarik perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengembangan e-modul berbasis problem based learning materi sifat-sifat operasi hitung bilangan cacah kelas III SD Negeri 1 Sungaiselan valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yaitu, tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Teknik  pengumpulan data yaitu wawancara, kuesioner, dan pengujian instrument. Teknik analisis data berupa deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala likert, uji kolmogrov smirnov, dan paired t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul berbasis problem based learning valid sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi berdasarkan saran ahli. Persentase kevalidan ahli materi yaitu sebesar 80,33% “valid” dan ahli media yaitu sebesar 82,67% “sangat valid”. Hasil uji coba dengan skala kecil terhadap 6 siswa kelas II memperoleh persentase sebesar 88,33% “sangat praktis”, sedangkan uji coba skala besar dengan 22 siswa memperoleh persentase sebesar 91,36% “sangat praktis”. Berdasarkan hasil pretest dan posttest diperoleh nilai rata-rata pretest 70,53 dan rata-rata posttest 89,46. Berdasarkan Hasil uji paired t-test diperoleh   yaitu 13.8217 2.048407 artinya Ha diterima.

References

Anggreni Ni Nyoman Dewi dan Gusti Ngurah Sastra Agustika. 2022. PengembangannE-modul BerbasissProblem Based LearninggMateri PecahannKelas IV di SD No. 2 Sembung. Journal On Teacher Education. 3 (3), hlm 38. DOI: https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4395

Feriyanti Nindi. 2019. Pengembangan e-modul Matematika untuk Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 6(1). hlm 2-3. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7406/5139

Gita Ayu Nengsih dan Heni Pujiastuti. 2021. Analisisskesulitan dalam menyelesaikannSoal Materi Operasi Bilangan Cacah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. 6(2). Hlm 294. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9941

I Made Tegeh, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Indriaturrahmi dan Farida Fitriani.2020. Pengembanganne-modul sebagai SumberrBelajar Mata PelajarannBahasa IndonesiaaKelas X MAN 1 LombokkTengah. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika. 4(1). hlm 17. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i1.165

Maulina Hendrik, Roslinah. 2019.Kemampuan Memahami Bacaan Melalui TeknikkSkimming dengan Taktik Menggarisbawahi ide-ide Kunciipada Siswa Kelas IV SD Negeri 11 Pangkalpinang.JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), Volume 5, Nomor 1, Mei 2019. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.7190

Novia Dwi Astuti. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Materi Perkalian Menggunakan Kertas Berpetak Kelas III SD Negeri 1 Namang.Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu PendidikanMuhammadiyah Bangka Belitung, Pangkalanbaru.

Rostiana, Sundayana. 2015. Media dan Alat peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta.

Sadulloh Uyoh, dkk. 2010. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung : Alfabeta.

Sari Nova. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah di Kelas III Min 11 Aceh Tengah. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Banda Aceh.

Widia Tita Nila, 2022. Pengembangan E-Modul BerbasisProblem Based Learning Pada MateriiOrgan Gerak Hewanndan ManusiaaKelas V SDN 114 Pekanbaru. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Riau, Pekanbaru.

Wulandari Evik dan Latifah Nuraini. 2011. Intisari Matematika untuk Sekolah Dasar. CV: Nusa Agung.

Published
2024-01-02