Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Membaca Siswa di Kelas III SD Negeri 4 Koba

  • Selma Shenda Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Sasih Karnita Arafatun Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Hevitria Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
Keywords: Puzzle Media, Elementary School Reading Ability

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa di kelas III SD Negeri 4 Koba sehingga masih banyak siswa yang belum lancar dalam membaca. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media puzzle terhadap kemampuan membaca siswa di kelas III SD Negeri 4 Koba.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-Experimental dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 28 siswa Kelas III SD Negeri 4 Koba Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis paired-sampel-t-test.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari perhitungan uji normalitas diperoleh bahwa nilai pretest 0,101 > 0,05 dan nilai posttest 0,157 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data berrdistribusi normal. Selanjutnya berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh dari Uji paired-sampel-t-test dengan nilai data hipotesis thitung 10,630 > nilai ttabel 2,051. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat Pengaruh Media Puzzle terhadap Kemampuan Membaca di Kelas III SD Negeri 4 Koba.

References

Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Nasution, H. F. (2016). Instrumen Penelitian dan Urgensinya dalam Penelitian Kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4, 59–75.
Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). CV Andi Offset.
Ristiyani, M. (2020). Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Media Puzzle Huruf Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan (Penelitian pada Siswa Kelas I Dusun Pakis Kidul Universitas Muhammadiyah Magelang, Skripsi diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
(2020). Metode Penelitialn Kualntitaltif. Balndung: ALlfalbetal.

Undalng-Undalng Republik Indonesial Nomor 20 Talhun 2003 tentalng Sistem Pendidikaln Nalsionall. Jalkalrtal: Jendrall Depalrtemen Pendidikaln Nalsionall, 2003.

Vira, I. (2016). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Sd Negeri 1 Pemali Dalam Materi Melengkapi Cerita.
Published
2024-08-30